Monday, September 3, 2012

Periode Pak Beki, Akuntansi Unsri Harus Akreditasi A



Pemilihan Ketua Jurusan untuk periode 2012-2013 akhirnya mengantarkan kita pada periode kepemimpinan Bapak Subeki. Dosen kelahiran Madiun, 16 Agustus 1965, ini telah mengabdikan diri di Unsri sejak tahun 1995. Pernah menjadi staff di perusahaan swasta setelah lulus dari program S1 Akuntansi Unsri pada tahun 1991, dosen yang akrab dipanggil Pak Beki, ini lebih tertarik dengan pekerjaannya yang sekarang. Dan ternyata Pak Beki sudah menjadi staff di KAP Ahmad Rivai sejak beliau masih mengenyam bangku perkuliahan di semester 6. Yang ingin tahu lebih lanjut persiapan beliau menghadapi periode jabatannya sebagai Kajur lebih lanjut, simak wawancara berikut:

I (IMA) : Selaku perwakilan mahasiswa fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya, IMA mengucapkan selamat atas terpilihnya Bapak sebagai Ketua Jurusan Akuntansi Periode 2012-2013. Apa visi dan misi Bapak untuk periode kepemimpinan ini?
PB (PAK BEKI) : Untuk visi dan misi, saya mengikuti visi dan misi jurusan saja. Kalau saya membuat visi  misi sendiri, bisa-bisa tidak selaras dengan visi misi jurusan. Jadi sebagai Kajur, tanggung jawab saya bukan mencapai visi misi saya, tapi visi misi jurusan.

I : Lalu menurut Bapak apa tantangan terbesar dalam mencapai visi dan misi tersebut?
PB : Komponen yang paling berperan dari usaha pencapaian visi dan misi adalah kerja sama semua pihak yang terlibat di dalam sistem. Maka tantangan terbesarnya adalah bagaimana mengkoordinasi  pihak-pihak tersebut agar kita semua dapat bekerjasama untuk mencapai visi dan misi yang sama, dan tentu saja sesuai dengan proporsi masing-masing.

I : Bagaimana dengan program kerja, Pak? Apa Bapak punya program kerja andalan?
PB : Goal utama yang harus kita capai untuk periode ini terkait dengan akreditasi. Akreditasi kita harus. Selain ini penting untuk nama jurusan dan alumni, akreditasi A juga sangat dibutuhkan untuk mempertahankan PPAK kita. Jika dalam periode ini kita belum berhasil meningkatka akreditasi, maka PPAK akan ditutup.

I : Untuk usaha peningkatan akreditasi ini, apa hambatan yang harus kita hadapi, Pak?
PB : Kita belum punya banyak doctor. Sedangkan itu salah satu syarat penting untuk mendapat akreditasi A. Tapi ini sedang diupayakan. Beberapa dosen kita sedang mengenyam pendidikan untuk mendapat gelar doctor. Mudah-mudahan kita sudah punya banyak tahun ini. 

I : Selain itu ada upaya lain, Pak?
PB : Pengumpulan sertifikat. Ini penting sekali. Jadi saya berharap seluruh pihak jurusan akuntansi, baik mahasiswa maupun dosen, giat untuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang dapat mengembangkan  kemampuan diri mereka. Jurusan sangat mendukung kegiatan ini.

I : Cukup banyak juga ya, Pak, yang menjadi taggung jawab baru bagi Bapak. Lalu bagaimana Bapak membagi waktu antara pekerjaan Bapak yang lain dan kehidupan pribadi Bapak?
PB : Seperti yang saya katakan di awal tadi, dibutuhkan kerjasama semua pihak. Saya tidak bisa berdiri sendiri. Keberhasilan saya adalah keberhasilan tim juga. Tapi yang jelas, waktu saya nanti akan lebih banyak proposinya ke jurusan, maka tenaga dan pikiran saya juga harus optimal kesana.

I : Rencananya tahun ini, IMA Unsri akan mengadakan event bertaraf nasional, Pak. Bagaimana menurut Bapak?
PB : Saya sangat mendukung, ide nya bagus. Dengan usia Akuntansi Unsri sekarang, saya rasa sudah layak bagi kita mengambil langkah seperti ini utuk berkembang. NAmun saya berpesan pada pengurus IMA, persiapan harus dimulai sejak dini. Jangan sampai prosedurya berantakan, undangan malah menilai negative pada acara kita. Proposal harus sudah dibuat sejelas dan serinci mungkin, konsepnya dibuat menarik, dan sponsor juga sangat penting.

I : Terakhir, bisa kasih pesan dan motivasi untuk pembaca blog IMA, Pak?
PB : Iya. Pada dasarnya, saya yakin mahasiswa jurusan akuntansi Unsri ini sudah pintar-pintar dan berprestasi semua. Tapi itu saja tidak cukup untuk masa depan. Perlu dicamkan, selain untuk menguasai ilmu akuntansi, misi utama perkuliahan kalian adalah mencari kenalan. Cari teman sebanyak-banyaknya. Itu akan sangat berguna untuk masa depan kalian.

I : Wah, terima kasih banyak, Pak, atas waktunya. Mudah-mudahan periode kepemimpinan Bapak berjalan lancar serta program-program kerjanya terlaksana dengan baik.
PB : Iya sama-sama. Saya harap kita semua bisa bekerjasama untuk mencapai visi dan misi jurusan.



Biodata Pak Beki:
Nama lengkap : 
Ahmad Subeki
 
TTL : 
Madiun, 16 Agustus 1965
 
Riwayat Pendidikan :
SD, SMP, dan SMA Madrasah Ibtidaiyah Madiun 
S1 Universitas Sriwijaya lulus tahun 1991 
S2 Universitas Sriwijaya lulus tahun 2008

Motto : 
Jangan pernah menunda waktu karena menunda waktu adalah kegagalan yang nyata


By : IMAUNSRI